pages

Visible Surface Determination (VSD)

HELLO!


Visible Surface Determination (VSD)


Visible Surface Determination adalah proses yang digunakan dalam komputer grafik untuk menentukan bagian mana saja yang dapat dilihat dari sudut pandang tertentu. Visible Surface Determination berhubungan dengan HSR (Hidden Surface Removal). Perbedaannya adalah HSR merupakan kebalikan dari VSD, di mana proses akan menentukan bagian mana saja pada objek yang tidak tampak/terlihat karena tertutup oleh objek lain untuk kemudian disembunyikan/dihilangkan. Proses VSD dan HSR ini berguna untuk mempercepat proses rendering pada software komputer grafik.
Terdapat 3 pendekatan pada Visible Surface Determination, yaitu :

1. Tes penampakan konservatif(conservative surface test) Ã¨ hanya sebatas trivial reject saja, yang tidak memberikan jawaban, contohnya back-free culling dan subdivision. Untuk mendapat penyelesaiannya harus dilakukan dengan pendekatan yang lain.

2. Ketelitian gambar (image-precission)è bagian yang erlihat ditentukan dengan point-point pada setiap posisis pixelnya pada bidang proyeksi. Contohnya pada raytracing, atau Z-buffer

3. Ketelitian objek (object-precission)è menentukan bagian mana yang terlihat dengan membandingkan objek dan bagian-bagiannya dalam layar . COntohnya pada poly clipping, BSP trees, dll.




Objek yang terhalang dengan bangku tidak terlihat/ tidak di render tampilannya




Objek tong sampah yang tidak tertangkap kamera tidak dirender.



Caraka bayu wibawa

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar