HELLO!
CSG adalah teknik untuk menciptakan
model dengan menggunakan operasi matematika seperti penambahan dan
pengurangan. CSG memungkinkan modeler untuk
membuat objek atau permukaan yang kompleks dengan menggunakan operator Boolean untuk
menggabungkan objek tersebut. Dalam beberapa kasus, CSG ditampilkan dalam
jaring-jaring polygonal dan mungkin juga prosedural atau parametrik.
Sebuah benda padat yang paling sederhana untuk ditampilkan disebut primitive, yang biasanya berbentuk objek sederhana seperti kubus, prisma, silinder, piramida, bola dan kerucut. Himpunan primitif yang bisa digunakan tergantung dari software yang dipakai. Beberapa software memungkinkan CSG pada objek melengkung sementara yang lain tidak.
Sebuah objek dibangun dari sebuah primitif dengan cara operasi boolean yang terdiri dari union, intersection, dan difference.
Boolean union
Penggabungan dua benda menjadi satu.
Pengurangan satu objek dari lainnya.
Dengan menggabungkan operasi-operasi dasar ini memungkinkan untuk membuat suatu objek yang memiliki kompleksitas yang tinggi dengan berawal dari sebuah objek primitif sederhana.
Salah satu keuntungan CSG adalah dapat dengan mudah memastikan suatu objek "solid" atau water-tight jika semua objek primitif adalah water-tight. Ini begitu penting untuk beberapa manufakturing atau teknik aplikasi komputasi. Sebagai perbandingan, saat membuat geometry yang didasarkan pada batas representasi, penambahan data topologi yang diperlukan, atau cek konsitensi dilakukan untuk memastikan bahwa deskripsi yang diberikan valid terhadap penentuan batas benda padat.
Properti yang membuat nyaman CSG adalah CSG mudah untuk mengklasifikasikan poin-poin yang berada di dalam atau di luar bentuk yang diciptakan oleh CSG. Intinya adalah pengklasifikasian dilakukan secara simpel terhadap semua yang mendasari objek primitif dan operasi boolean yang dihasilkan dievaluasi. Ini adalah sebuah kualitas yang diinginkan oleh beberapa aplikasi seperti deteksi tabrakan.
Intersection obyek dibuat menjadi sebuah obyek yang mengandung semua bagian dimana kedua obyek saling berpotongan. Pada gambar 1, menunjukkan intersection antara kubus dengan bola. Bila tidak terjadi perpotongan antara kedua obyek tersebut maka obyek intersection tidak akan terbentuk. Untuk mendapatkan waktu intersection dari dua obyek
Difference adalah obyek yang dihasilkan dari pengurangan obyek A oleh obyek B seperti gambar 1 & 2. Untuk mendapatkan waktu difference dari dua obyek
Union adalah membuat dua obyek menjadi satu kesatuan obyek sehingga dapat dilakukan manipulasi seperti pada satu obyek. Gambar 1 menunjukan union dari kubus dengan bola(Uv sphere). Untuk mendapatkan waktu union dari dua obyek tersebut.
Boolean intersection
Persinggungan antara kedua objek.
Dengan menggabungkan operasi-operasi dasar ini memungkinkan untuk membuat suatu objek yang memiliki kompleksitas yang tinggi dengan berawal dari sebuah objek primitif sederhana.
Objek CSG dapat diwakili oleh pohon biner, dimana
daun mewakili primitif, dan batang mewakili operasi.
·
persimpangan
·
serikat
· perbedaan
·
Boolean Union
Union adalah membuat dua objek menjadi satu
kesatuan , sehingga dapat dilakukan manipulasi seperti pada satu objek. Gambar
pertama menunjukan union dari kubus dengan bola. Untuk mendapatkan waktu union
dari dua objek tersebut, maka akan dijelaskan sebagai berikut:
Selang waktu dari objek 1 (t1) dan objek 2 (t2)
akan digabung atau union menjadi t3. t3 didapat dengan operasi OR.
Tanda plus (+) berarti bahwa waktu sebuah cahaya sedang berjalan melalui sebuah
objek Dan tanda minus (-) berarti bahwa waktu cahaya sedang berada di udara
atau tidak pada objek.
·
Boolean Difference
Difference adalah objek yang dihasilkan dari
pengurangan objek A oleh objek B seperti gambar kedua. Untuk mendapatkan waktu
difference dari dua objek, maka akan dijelaskan sebagai berikut:
Selang waktu dari objek 1 (t1) dan objek 2 (t2)
akan mengalami proses difference menjadi t3. t3 dicari dengan operasi XOR untuk
yang bertanda + di t1. Tanda plus (+) berarti bahwa waktu sebuah cahaya sedang
berjalan melalui sebuah objek Dan tanda minus (-) berarti bahwa waktu cahaya
sedang berada di udara atau tidak pada objek.
·
Boolean Intersection
Intersection objek dibuat menjadi sebuah objek yang
mengandung semua bagian dimana kedua objek saling berpotongan. Pada gambar
ketiga, menunjukkan intersection antara kubus dengan bola. Bila tidak terjadi
perpotongan antara kedua objek tersebut maka objek intersection tidak akan
terbentuk. Untuk mendapatkan waktu intersection dari dua objek, maka digunakan
perhitungan sebagai berikut:
Selang waktu dari objek 1 (t1) dan objek 2 (t2)
akan mengalami proses intersection menjadi t3. t3 dicari dengan menggunakan
operasi AND. Tanda plus (+) berarti bahwa waktu sebuah cahaya
sedang berjalan melalui sebuah objek. Dan tanda minus (-) berarti bahwa waktu
cahaya sedang berada di udara atau tidak pada objek.
Manfaat CSG
CSG memiliki sejunlah kegunaan
yang praktis dalam kasus-kasus pembuatan objek geometris sederhana ataupun
dalam pembuatan objek yang memerlukan ketepatan akurasi matematis. The Unreal engine menggunakan sistem ini,
seperti Hammer (dulu worldcraft),
dan Torque Game Engine/Torque Game Engine Advanced.
CSG menjadi populer karena modeler dapat membuat suatu objek geometry yang
rumit dengan menggunakan satu set objek yang sederhana. Ketika CSG menjadi
prosedural atau parametrik, modeler dapat memperbaiki objek geometry kompleks
yang dibuatnya dengan mengubah posisi objek geometry atau dengan mengubah
operasi boolean yang digunakan untuk menggabungkan objek tersebut.
Salah satu keuntungan CSG adalah dapat dengan mudah memastikan suatu objek "solid" atau water-tight jika semua objek primitif adalah water-tight. Ini begitu penting untuk beberapa manufakturing atau teknik aplikasi komputasi. Sebagai perbandingan, saat membuat geometry yang didasarkan pada batas representasi, penambahan data topologi yang diperlukan, atau cek konsitensi dilakukan untuk memastikan bahwa deskripsi yang diberikan valid terhadap penentuan batas benda padat.
Properti yang membuat nyaman CSG adalah CSG mudah untuk mengklasifikasikan poin-poin yang berada di dalam atau di luar bentuk yang diciptakan oleh CSG. Intinya adalah pengklasifikasian dilakukan secara simpel terhadap semua yang mendasari objek primitif dan operasi boolean yang dihasilkan dievaluasi. Ini adalah sebuah kualitas yang diinginkan oleh beberapa aplikasi seperti deteksi tabrakan.
INTERSECT
Intersection obyek dibuat menjadi sebuah obyek yang mengandung semua bagian dimana kedua obyek saling berpotongan. Pada gambar 1, menunjukkan intersection antara kubus dengan bola. Bila tidak terjadi perpotongan antara kedua obyek tersebut maka obyek intersection tidak akan terbentuk. Untuk mendapatkan waktu intersection dari dua obyek
DIFERENCE
Difference adalah obyek yang dihasilkan dari pengurangan obyek A oleh obyek B seperti gambar 1 & 2. Untuk mendapatkan waktu difference dari dua obyek
UNION
Union adalah membuat dua obyek menjadi satu kesatuan obyek sehingga dapat dilakukan manipulasi seperti pada satu obyek. Gambar 1 menunjukan union dari kubus dengan bola(Uv sphere). Untuk mendapatkan waktu union dari dua obyek tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar