pages

Pencahayaan pada Blender


Hello!

Apa kabar? masih semangat buat belajar? masih dong!, kali ini gue bakal menjelaskan sedikit tentang pencahayaan, seperti contohnya apa sih pencahayaan itu? dari mana sumber cahaya itu berasal, bagaimana sifat materi penyusun benda secara umum dan sebagainya, tanpa memperpanjang lagi pembukaan kali ini, yuk langsung kita lanjut ke pembahasan selanjutnya, cekidot!

Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering.
Bermula Pada tahun 1988-an Ton Roosendaal mendanai sebuah perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo yang sangat berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan perangkat lunak internal.
Pada tahun 1995 muncullah sebuah perangkat lunak yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati lebih dalam ternyata Blender ini memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis di luar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah perangkat lunak animasi 3D yang padat, lintas platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat pengguna komputer yang umum.
Sayangnya cita-cita nya NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. pada tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan perangkat lunak komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar perangkat lunak ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Penutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.
Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu dan zaman begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah terus mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek sumber terbuka. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang di bawah syarat–syarat GNU General Public License. Pengembangan Blender terus berlanjut hingga saat ini.

Tahapan belajar pada Blender dibagi menjadi beberapa bagian :

1. Modeling
Proses pembuatan model objek dalam bentuk 3D di komputer. Model bisa berupa karakter (makhluk hidup), seperti manusia, hewan, atau tumbuhan; atau berupa benda mati, seperti rumah, mobil, peralatan, dan lain-lain. 

2. Texturing
Proses pembuatan dan pemberian warna dan material (texture) pada objek yang telah dimodelkan sebelumnya sehingga akan tampak suatu kesan yang nyata. Pemberian material atau texture pada objek 3D akan mendefinisikan rupa dan jenis bahan dari objek 3D. 

3. Rigging
Proses ini adalah proses pembuatan tulang pada object

4. Lighting
Proses pembuatan dan pemberian cahaya pada model sehingga diperoleh kesan visual yang realistis karena terdapat kesan kedalaman ruang dan pembayangan (Shadow) objek. 

5. Animation
Proses pembuatan animasi untuk model. Animasi dapat berupa gerakan baik gerakan objek/model atau gerakan kamera untuk menciptakan animasi.

Berikut ini saya akan membuat contoh model pencahayaan pada Blender : 


Lampu       


  • Gunakan object silinder    
  • Lalu bagi menjadi beberapa bagian, kecilkan bagian-bagian tersebut samapai membentuk seperti gambar diatas.    
  • Face select bagian atas(yang kecil) kemudian extrude keatas          










Tekan shift+A pilih lampu spot dan letakan di bawah lampu


Atur lah cahaya lampu sesuai dengan keinginan, energy menunjukan intensitas cahaya dan Kita juga dapat mengatur warna cahaya.



Atur jarak cahaya lampu, jangan lupa juga untuk mengatur diameter dari cahaya lampu.



OUTPUT 




















Caraka bayu wibawa

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar