pages

TOLERANSI

HELLO!



Guys okay kali ini gue bakal bahas apa sih itu tentang toleransi , apa sih itu toleransi ? penting banget ga sih itu ? pasti penasaran kan , sebenernya ini menarik banget buat kita baca so yuk guys langsung aja!

 

 



Pengertian toleransi adalah suatu sikap yang saling menghargai kelompok-kelompok atau antar individu dalam masyarakat atau dalam lingkup lainnya. Toleransi adalah suatu perbuatan yang melarang terjadinya diskriminasi sekalipun banyak terdapat kelompok atau golongan yang berbeda dalam masyarakat. Toleransi ini bisa terlihat jelas pada agama, Toleransi agama sering kita jumpai di masyarakat. Adanya toleransi agama menimbulkan sikap saling menghormati masing-masing pemeluk agama.

 Apa sih pengertian tentang toleransi antar umat beragama itu ?

Pengertian toleransi antar umat beragama yaitu meyakini bahwa agamaku adalah agamaku dan agamamu adalah agamamu. Dengan kata lain toleransi dalam beragama itu saling respect atau saling menghargai agama orang lain dan tidak boleh memaksakan orang lain untuk menganut agama yang kita anut. Serta kita tidak diperbolehkan untuk mengejek-ejek ataupun mencela agama orang lain dengan alasan apapun karena sejatinya kita adalah sama-sama manusia yang mepunyai agama.

Apa pengertian toleransi sosial dan contohnya ?

Pengertian toleransi dan cakupannya bukan saja pada bidang agama , tapi ada juga toleransi di pidang politik ,Nah dibidang politik pun harus ada toleransi politik yang dilakukan antara partai politik sob.
ada juga nih yang namanya Toleransi sosial , toleransi sosial mengajarkan kita agar kelompok mayoritas dalam suatu masyarakat menghargai kelompok minioritas sob , jangan mentang-mentang kita mayoritass kita seenak-enak nya aja sama minioritas sob, contoh sederhana aja deh kaya orang kaya engga boleh sombong dengan orang kecil karna orang kaya tercipta pasti karena berkat adanya bantuan dari orag miskin.
 



Toleransi merupakan salah satu akhlak mulia (akhlakul karimah) yang harus dimiliki setiap muslim. Dengan menjunjung tinggi sikap menghargai perbedaan ini maka kehidupan masyarakat akan damai dan sejahtera. Oleh karena itu kita harus menerapkan toleransi dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah, rumah, maupun masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari toleransi dapat diwujudkan dengan sikap-sikap sebagai berikut.
  1. Bergaul dengan semua teman tanpa membedakan agamanya.
  2. Menghargai dan menghormati perayaan hari besar keagamaan umat lain.
  3. Tidak menghina dan menjelek-jelekkan ajaran agama lain.
  4. Memberikan kesempatan kepada teman nonmuslim untuk berdoa sesuai agamanya masing-masing.
  5. Memberikan kesempatan untuk melaksana-kan ibadah bagi nonmuslim.
  6. Memberikan rasa aman kepada umat lain yang sedang beribadah.
  7. Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.
  8. Mengadakan silaturahmi dengan tetangga yang berbeda agama.
  9. Menolong tetangga beda agama yang sedang kesusahan.
Lebih dari itu sikap toleransi kepada sesama muslim harus lebih diperkokoh. Hal ini pernah dicontohkan Rasulullah saw. dan umat Islam ketika berada di Madinah. Hubungan persaudaraan antara Muhajirin (kaum muslimin dari Mekah) dan Ansar (kaum muslimin Madinah) terjalin sangat erat. Kehidupan kedua golongan itu setiap hari diliputi oleh suasana saling pengertian, saling membantu dan saling bekerja sama. Apabila seorang dari Ansar memiliki rumah, maka rumah itu digunakan bersama dengan Muhajirin. Jika Muhajirin memiliki makanan dan minuman, maka makanan dan minuman itu dibagi dengan Ansar. Dengan persaudaraan dan toleransi yang tinggi seperti ini maka umat Islam waktu itu mempunyai ikatan yang kokoh. Rasulullah saw. mengibaratkan umat Islam sebagai satu tubuh. Jika ada bagian tubuh yang sakit maka anggota tubuh lain juga ikut merasakan sakit. Demikian pula dengan umat Islam, jika ada salah seorang anggota masyarakat muslim mengalami kesulitan maka warga yang lain hendaklah membantunya.



 

 

Jadi kesimpulannya toleransi itu menghormati satu sama lain entah itu antar agama , politik , sosial atau warna kulit , ketika kristen yang mempunyai cinta dan kasih , islam yang Rakhmatan lil'alamin dan hindu buddha yang bijak bestari dan barang siapa di antara mereka menghina agama orang lain maka sesungguhnya mereka sedang menghina ajaran agamanya sendiri dan kalau agamamu kuat , kau menghargai agama orang lain




SELAMAT HARI NATAL BAGI YANG MERAYAKAN :)



 

Caraka bayu wibawa

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar