pages

Fenomena Hoax

HELLO!

 

 

"Ihhhh jangan percaya itu hoax!" , dijaman yang canggih seperti sekarang ini manusia memanfaatkan teknologi yang ada untuk menyebar luaskan informasi , dengan adanya sosial media entah itu facebook, line, twitter, dsb. ada berita yang mengedarkan informasi benar dan tepat tetapi ada juga yang salah yang tujuannya untuk mempengaruhi masyarakat , didunia politik fenomena hoax sudah mulai ada , mulai dari informasi-informasi palsu yang bertujuan untuk mengalahkan salah satu kubu , oke selanjutnya yuk dibaca!

 

 

 

Hoax adalah salah satu kata yang digunakan untuk menunjukan pemberitaan palsu atau usaha untuk menipu atau mengakali pembaca atau pendengarnya untuk mempercayai sesuatu , padahal si pembuat berita palsu sendiri tahu betul bahwa berita tersebut adalah berita palsu. Salah satu contoh pemberitaan palsu yang paling umum adalah mengklaim suatu barang atau kejadian dengan suatu sebutan yang berbeda dengan barang atau kejadian yang sebenarnya sob.


Asal kata Hoax sendiri berasal dari seorang philologist asal inggris,Robert Nares, berpendapat bahwa kata “HOAX” berasal dari kata “HOCUS” yang berarti menipu , hoax juga merupakan kependekan dari manta sulap “HOCUS POCUS!” Namun maksud penggunaan kata hoax pada pemberitaan palsu berbeda dengan pertunjukan sulap. Dalam pemberitaan palsu, pendengar atau penonton justru mengharapkan supaya ditipu.


Tujuan hoax sebenernya macem-macem ada yg iseng , nganggur gatau harus ngapain akhirnya dia bikin gempar media sosial pake berita hoax, engga gitu juga sih. tapi ada juga yg bertujuan menjatuhnya salah satu kubu lawan , biasanya sih di bidang politik yang kaya gitu






 

 Jadi intinya kita sebagai masyarakat harus lebih pintar lagi memilah dan memilih berita , jangan langsung emosi, buka dulu pikirannya karena udah banyak berita hoax yang mengatas namakan politik, masayarakat bahkan agama.

pertelevisian indonesia seharusnya juga harus diubah tujuannya , bukan cuma karna ingin dapat rating bagus dan ingin dapet untung karna ditonton , dibalik itu media juga seharusnya mempunyai tujuan mempercerdas bangsa , kurang-kurangin deh sinetron cinta-cintaan dan sejenisnya, gue rasa sejarah mungkin juga ada yang hoax-nya , karna kitakan gatau gimana sebenernya sejarah terjadi, mungkin karna faktor belum lahir atau apa gitu , pokonya masyarakat deh yang jadi tujuannya fenomena hoax ini , so be careful ya!

 









Caraka bayu wibawa

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar