pages

Konsep Dasar Bisnis Informatika dan Prospek Bisnis di Bidang Teknologi Informasi

HELLO!


teman - teman semua apa kabar ? semoga semua senantiasa sehat selalu, kali ini gue bakal berbagi ilmu tentang memahami konsep dasar berbisnis di bidang teknologi, kaya contohnya apa sih definisi umum dari bisnis itu terus apa sih teknologi itu dan apa itu bisnis informatika ? yap, semuanya akan dibahas dibawah ini, selamat membaca!

Dari kamus besar bahasa indonesia (KBBI) sendiri bisinis artinya usaha komersial dalam dunia perdagangan/bidang usaha/usaha dagang jadi bisa kita simpulkan bahwa bisnis itu suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan, pembelian, maupun pertukaran barang/jasa, dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba.

Dulu waktu SD kita pernahkan dapet pelajaran yang namanya TIK, apa sih kepanjangan dari TIK dan apa sih tik itu, jadi disini kepanjangan dari TIK itu sendiri adalah Teknologi Informasi dan Komunikasi.


Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sendiri adalah segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, pengelolaan dan penyampaian atau pemindahan informasi antar sarana/media.






Pengertian Teknologi Informasi Dan Komunikasi

TIK atau Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan suatu paying besar tentang terminology yang di dalamnya terdapat semua peralatan teknis untuk dapat memproses dan menyampaikan suatu informasi. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang di singkat TIK berawal dari bahasa inggris yaitu Information and Communication Technologies atau yang sebut dengan ITC.

Teknologi berasal dari yunani yaitu tchnologia atau kechne merupakan suatu keahlian serta logika yang merupakan pengetahuan. Berarti teknologi merupakan suatu yang berkaitan dengan objek benda yang dapat di gunakan untuk mempermudah kegiatan Manusia seperti contohnya perkakas, perangkat keras, dan yang lainnnya.

TIK memiliki dua aspek yaitu adalah

Teknologi Informasi
Merupakan teknologi yang di dalamnya berkaitan dengan proses, penggunaan alat bantu, memanipulasi, serta dalam pengelolaan informasi.

Teknologi Komunikasi
Merupakan teknologi yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu dalam mengirimkan dan memproses data yang berasal dari perangkat satu ke perangkat lain.

Cara Penyampaian Informasi

Informasi dapat di sampaikan dengan 3 cara yang diantaranya

Natural
Penyampaian dengan natural atau Manusia merupakan penyampaian informasi dengan menggunakan tangan Manusia. Seperti contohnya pada zaman dahulu yang menggunakan gambar-gambar atau ukiran yang ada di dinding dan bebatuan di goa.

Mekanis
Penyampaian dengan mekanis merupakan penyampaian informasi yang di lakukan dengan memakai peralatan dengan bentuk mekanik yang di gerakan oleh Manusia.

Elektronik
Penyampaian dengan elektonik merupakan penyampaian informasi dengan menggunakan peralatan elektronik.

Bisnis informatika berkembang dengan pesat akhir – akhir ini seiring dengan berkembang pesatnya pula teknologi informasi. Karena Bisnis Informatika muncul karena adanya peluang yang terdapat di dalam suatu teknologi informasi. Jawaban salah satunya Internet. Tidak dapat di pungkiri sekarang internet sudah mengalami pergeseran kebutuhan di dalam masyarakat. Yang dahulu Internet merupakan suatu kebutuhan pelengkap atau masih merupakan kebutuhan yang “mewah” bagi sebagian masyarakat, sekarang menjadi suatu kebutuhan sekunder ataupun kebutuhan primer. Karena sekarang kita dapat semakin mudah dan murah untuk mendapatkan akses internet.Hal ini tidak lepas dari semakin berkembangnya teknologi informasi.

Menurut saya semua kegiatan yang melakukan transaksi jual – beli yang ada kaitannya dengan teknologi informasi masuk kedalam bisnis informatika. Contoh, sekarang sudah banyak masyarakat yang melakukan transaksi jual – beli secara online. Jadi kita tidak perlu repot-repot untuk jalan ke mall, ataupun toko – toko untuk mencari barang yang kita inginkan. Cukup dengan modal gadan internet, kita bisa mencari semua barang yang diinginkan.

Banyak sekali web – web penyedia jual – barang secara online. Contoh saja Tokopedia, maraknya perkembangan bisnis informatika di indonesia tidak lepas dari sedang berkembang pesatnya teknologi yang ada di indonesia dan banyaknya pengguna teknologi itu sendiri. sebagai contoh, banyaknya e-commerce ( jual beli barang di internet ) yang terbentuk berbanding lurus dengan semakin banyaknya pengguna internet. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor penting pesatnya perkembangan bisnis informatika di indonesia.


Dilihat dari faktor - faktor yang dapat disimpulkan saat ini bisnis informatika sedang berkembang pesat di seluruh dunia, khususnya di indonesia. seiring dengan berkembangnya jaman tidak bisa dipungkiri bahwa mungkin suatu saat nanti seluruh bidang bisnis akan terhubung dengan bidang informatika.

Jenis dan Tipe Bisnis di Bidang Teknologi Informatika :
1. Produk

• Hardware / Perangkat Keras
   Adalah bisnis yang melakukan penjualan terhadap hardware/perangkat keras.

• Software / Perangkat Lunak
  Adalah bisnis yang melakukan pejualan terhadap software/perangkat lunak.

2. Jasa
• Software House ( pembuatan software sesuai permintaan )

Seorang atau sekelompok orang atau perusahaan kecil yang bergerak di bidang jasa pembuatan atau perbaikan perangkat lunak (software). Software house biasanya menerima pembuatan atau perbaikansoftware, database, website, program accounting lengkap, termasuk inventory management, purchasing/ selling products and services, Account based dan support online system, IntelliGuard-EYE: program security kamera ( cctv/ webcam) dengan kemampuan mendeteksi gerakan sehingga dapat memaksimalkan kapasitas hardware yang tersedia jaringan & SEO bisa untuk semua jenis usaha ( Perusahaan, tokoh, kasir, hotel, restaurant, maupun personal).



• E-commerce ( jual-beli online )
E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama (Robert E. Johnson).

• Infrastruktur Komputer
Adalah bisnis Informatika yang menyediakan sebuah layanan informasi dan komputer, seperti Internet Service Provider, Jaringan Komputer, dll.

• IT consultant
menangani konsultasi di bidang IT, meliputi saran bisnis, menyelesaikan masalah teknis maupun memperbaiki struktur dan efisiensi dalam sistem IT.


Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia dan Dunia





Saat ini perkembangan bisnis informatika baik di Indonesia khususnya maupun di dunia sudah berkembang dengan sangat pesat. Hampir semua bisnis baik dari perusahaan yang berskala besar maupun yang berskala kecil menggunakan teknologi informasi untuk menjalankan bisnisnya. Teknologi informasi telah banyak memberi kemudahan-kemudahan dalam proses bisnis, seperti kemudahan mencari semua informasi yang dibutuhkan, hanya dengan sekali klik saja kita sudah dapat menemukan informasi yang kita butuhkan.

Kemajuan bisnis informatika di Indonesia ini ditunjang oleh pesatnya perkembangan teknologi saat ini dan juga banyaknya pengguna teknologi itu sendiri,  serta tidak memerlukan modal yang banyak, lewat bantuan teknologi internet, perusahaan dapat menjalankan bisnisnya secara E-commerce atau dengan software house, karena cukup dengan membuat situs web yang mampu menarik perhatian, sosialisasi yang baik, maka konsumen akan datang dan keuntungan akan didapat. Para pebisnis sekarang juga dapat melakukan perdagangan selama 24 jam tanpa mengenal batas ruang dan waktu serta terjangkau semua kalangan.

Selain mengefisiensikan waktu dan biaya, kemajuan teknologi informasi ini juga mempermudah dalam pembuatan laporan keuangan, menyimpan dokumen-dokumen perusahaan dalam database, mempermudah komunikasi dengan menggunakan e-mail, video conference atau internet call jika rekan bisnis berada di negara lain. Perusahaan juga dapat membuat CRM (customer relationship management) yaitu data record setiap transaksi antara perusahaan dan pelanggan.

Teknologi informasi sangat dibutuhkan dan tidak dapat dipisahkan dari dunia bisnis, serta sudah menjadi bagian yang sangat penting dalam mengelola dan meningkatkan pelayanan. Dan bisnis dalam bidang informatika ini memiliki peluang yang cukup baik dan menjanjikan ke depannya.

Perkembangan bisnis teknologi informatika di Indonesia meningkat sangat pesat, hal ini dapat dilihat dari peningkatan kebutuhan akan teknologi informatika yang sangat besar dari tahun ke tahun. Bisnis informatika mempunyai potensi yang besar untuk kedepannya, karena itu perlu didukung oleh sumber daya yang berkualitas serta perangkat teknologi yang canggih baik itu perangkat keras atau perangkat lunaknya. Dengan kehadiran teknologi informasi, maka dapat menjadi solusi dan membantu proses bisnis yang ada  serta dapat mengoptimalkan efisiensi bisnis  berbasis teknologi informasi tersebut.

Jadi perkembangan dan kemajuan bisnis dunia saat ini sudah sangat pesat sekali dan sangat menggiurkan, bisnis ini berkembang setiap detiknya. Kemajuan dunia bisnis di bidang teknologi informasi ini berkembang pesat karena adanya media informasi dan perangkat teknologi yang semakin canggih. Salah satu media dalam bisnis di dunia informatika ini adalah internet. Internet merupakan jaringan komputer yang berisi sumber informasi. Banyak perusahaan yang memanfaatkan internet sebagai ladang bisnis, seperti menjual jasa, menjual dan membeli produk serta memasarkan suatu produk. Pertumbuhan bisnis online shop merupakan contoh yang nyata, begitu juga warnet yang banyak dijumpai dimana saja. Di masa mendatang, teknologi informasi dan telekomunikasi akan menjadi sektor yang paling dominan. Saat ini saja teknologi informasi sudah banyak berperan dalam bidang pendidikan, pemerintahan dan keuangan serta perbankan.

Ada 5 model bisnis teknologi informasi dan komunikasi, diantaranya adalah :

Lisensi produk software (contohnya perusahaan Andal Software, Dycode, Oracle)
Iklan (contohnya Detik.com, Google)
Software sebagai layanan (contonya Infisys pushmail, Salesforce.com)
Penjualan perangkat keras (contohnya Zyrex, Axioo, Apple)
Penjual jasa konsultasi, integrase, training (contohnya Inixindo, Sigma, Redhat)


Salah satu contoh perusahaan yang bergerak di bidang IT adalah Google Inc

Profil perusahaan Google Inc

Google Inc merupakan perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada bidang jasa dan produk internet. Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Pada tanggal 4 September 1998 google menjadi perusahaan swasta, dengan misi mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat untuk semua orang. Pada tahun 2006, kantor pusat google pindah ke Mountain View, California.

Produk dari google diantaranya adalah :

Periklanan, yang terdiri dari google adsense dan google adwords

Aplikasi pencarian seperti google search, google maps, google earth, google books dan google translate

Komunikasi yaitu Gmail, google drive, google docs, dan google chrome

Telepon genggam yaitu android

Hiburan seperti google video


Tim Manajemen google, terdiri dari :

Larry Page yang merupakan CEO dan salah satu pendiri google. Tugas Larry Page adalah bertanggung jawab atas operasi keseharian google, dan memimpin pengembangan produk serta strategi teknologi perusahaan.

Eric E.Schmidt adalah pimpinan eksekutif yang bertanggung jawab atas masalah eksternal google, membangun kemitraan dan hubungan bisnis yang lebih luas, merangkul pemerintah, dan kepemimpinan pembelajaran teknologi, serta memberikan nasihat kepada CEO dan kepemimpinan senior dalam hal bisnis dan kebijakan.

Sergey Brin adalah salah satu pendiri dan presiden teknologi serta memimpin proyek-proyek khusus, juga berbagi tanggung jawab atas operasi kesaharian perusahaan Bersama Larry Page dan Eric E.Schmidt.

David C.Drummond adalah wakil presiden senior dan direktur bidang pengembangan korporat dan hokum. Memimpin tim global google terkait hokum, kebijakan public, komunikasi, pengembangan atau penggabungan perusahaan dan akuisisi, serta operasi kualitas produk, serta menjabat sebagai kepala sayap investasi google.

Patrick Pichette adalah wakil presiden senior dan direktur bidang keuangan. Wilayah bisnis perusahaan google adalah seluruh dunia, sepanjang ada layanan internet maka kita bisa menikmati layanan google. Pada tahun 2016, jumlah karyawan google telah mencapai 60.000 orang. Google memiliki omzet yang terus meningkat setiap tahunnya, hal ini dapat dilihat dari data yang didapat tentang pendapatan dan pajak google inc dari bulan September tahun 2011 sampai September tahun 2016.

Omzet google 99% berasal dari iklan yang dipasang pada hasil pencarian di internet, e-mail, peta online, sosial networking, produktivitas perkantoran, dan layanan sharing video. Tiap tahun pendapatan google melalui iklan ini naik tajam, sedangkan 1% pendapatan google diperoleh dari lisensi dan pendapatan lainnya.


Sumber :



Caraka bayu wibawa

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar