HELLO!
teman - teman semua apa kabar ? semoga semua senantiasa sehat selalu, kali ini gue bakal berbagi ilmu tentang memahami konsep dasar berbisnis di bidang teknologi, kaya contohnya apa sih definisi umum dari bisnis itu terus apa sih teknologi itu dan apa itu bisnis informatika ? yap, semuanya akan dibahas dibawah ini, selamat membaca!
Dari kamus besar bahasa indonesia (KBBI) sendiri bisinis artinya usaha komersial dalam dunia perdagangan/bidang usaha/usaha dagang jadi bisa kita simpulkan bahwa bisnis itu suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan, pembelian, maupun pertukaran barang/jasa, dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba.Dulu waktu SD kita pernahkan dapet pelajaran yang namanya TIK, apa sih kepanjangan dari TIK dan apa sih tik itu, jadi disini kepanjangan dari TIK itu sendiri adalah Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sendiri adalah segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, pengelolaan dan
penyampaian atau pemindahan informasi antar sarana/media.
Pengertian
Teknologi Informasi Dan Komunikasi
TIK atau Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan suatu paying besar tentang terminology
yang di dalamnya terdapat semua peralatan teknis untuk dapat memproses dan
menyampaikan suatu informasi. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang di
singkat TIK berawal dari bahasa inggris yaitu Information and Communication
Technologies atau yang sebut dengan ITC.
Teknologi berasal dari yunani yaitu tchnologia atau
kechne merupakan suatu keahlian serta logika yang merupakan pengetahuan. Berarti
teknologi merupakan suatu yang berkaitan dengan objek benda yang dapat di
gunakan untuk mempermudah kegiatan Manusia seperti contohnya perkakas,
perangkat keras, dan yang lainnnya.
TIK memiliki dua aspek yaitu adalah
Teknologi Informasi
Merupakan teknologi yang di dalamnya berkaitan dengan
proses, penggunaan alat bantu, memanipulasi, serta dalam pengelolaan informasi.
Teknologi Komunikasi
Merupakan teknologi yang berkaitan dengan penggunaan
alat bantu dalam mengirimkan dan memproses data yang berasal dari perangkat
satu ke perangkat lain.
Cara Penyampaian Informasi
Informasi dapat di sampaikan dengan 3 cara yang
diantaranya
Natural
Penyampaian dengan natural atau Manusia merupakan
penyampaian informasi dengan menggunakan tangan Manusia. Seperti contohnya pada
zaman dahulu yang menggunakan gambar-gambar atau ukiran yang ada di dinding
dan bebatuan di goa.
Mekanis
Penyampaian dengan mekanis merupakan penyampaian
informasi yang di lakukan dengan memakai peralatan dengan bentuk mekanik yang
di gerakan oleh Manusia.
Elektronik
Penyampaian dengan elektonik merupakan penyampaian
informasi dengan menggunakan peralatan elektronik.
Bisnis informatika berkembang dengan pesat
akhir – akhir ini seiring dengan berkembang pesatnya pula teknologi informasi.
Karena Bisnis Informatika muncul karena adanya peluang yang terdapat di dalam
suatu teknologi informasi. Jawaban salah satunya Internet. Tidak dapat di
pungkiri sekarang internet sudah mengalami pergeseran kebutuhan di dalam
masyarakat. Yang dahulu Internet merupakan suatu kebutuhan pelengkap atau masih
merupakan kebutuhan yang “mewah” bagi sebagian masyarakat, sekarang menjadi
suatu kebutuhan sekunder ataupun kebutuhan primer. Karena sekarang kita dapat
semakin mudah dan murah untuk mendapatkan akses internet.Hal ini tidak lepas
dari semakin berkembangnya teknologi informasi.
Menurut saya semua kegiatan yang melakukan
transaksi jual – beli yang ada kaitannya dengan teknologi informasi masuk
kedalam bisnis informatika. Contoh, sekarang sudah banyak masyarakat yang
melakukan transaksi jual – beli secara online. Jadi kita tidak perlu
repot-repot untuk jalan ke mall, ataupun toko – toko untuk mencari barang yang
kita inginkan. Cukup dengan modal gadan internet, kita bisa mencari
semua barang yang diinginkan.
Banyak sekali web – web penyedia jual –
barang secara online. Contoh saja Tokopedia, maraknya perkembangan bisnis informatika di
indonesia tidak lepas dari sedang berkembang pesatnya teknologi yang ada di
indonesia dan banyaknya pengguna teknologi itu sendiri. sebagai contoh,
banyaknya e-commerce ( jual beli barang di internet ) yang terbentuk berbanding
lurus dengan semakin banyaknya pengguna internet. Hal inilah yang menjadi salah
satu faktor penting pesatnya perkembangan bisnis informatika di indonesia.
Dilihat dari faktor - faktor yang dapat
disimpulkan saat ini bisnis informatika sedang berkembang pesat di seluruh
dunia, khususnya di indonesia. seiring dengan berkembangnya jaman tidak bisa
dipungkiri bahwa mungkin suatu saat nanti seluruh bidang bisnis akan terhubung
dengan bidang informatika.
Jenis dan Tipe Bisnis di Bidang Teknologi Informatika
:
1. Produk
• Hardware / Perangkat Keras
Adalah bisnis yang melakukan penjualan
terhadap hardware/perangkat keras.
• Software / Perangkat Lunak
Adalah bisnis yang melakukan pejualan
terhadap software/perangkat lunak.
2. Jasa
• Software House ( pembuatan software
sesuai permintaan )
Seorang atau sekelompok orang atau
perusahaan kecil yang bergerak di bidang jasa pembuatan atau perbaikan
perangkat lunak (software). Software house biasanya menerima pembuatan atau
perbaikansoftware, database, website, program accounting lengkap, termasuk
inventory management, purchasing/ selling products and services, Account based
dan support online system, IntelliGuard-EYE: program security kamera ( cctv/
webcam) dengan kemampuan mendeteksi gerakan sehingga dapat memaksimalkan
kapasitas hardware yang tersedia jaringan & SEO bisa untuk semua jenis
usaha ( Perusahaan, tokoh, kasir, hotel, restaurant, maupun personal).
• E-commerce ( jual-beli online )
E-commerce merupakan suatu tindakan
melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet
sebagai media komunikasi yang paling utama (Robert E. Johnson).
• Infrastruktur Komputer
Adalah bisnis Informatika yang menyediakan
sebuah layanan informasi dan komputer, seperti Internet Service Provider,
Jaringan Komputer, dll.
• IT consultant
menangani konsultasi di bidang IT, meliputi
saran bisnis, menyelesaikan masalah teknis maupun memperbaiki struktur dan
efisiensi dalam sistem IT.
Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia dan Dunia
Saat ini perkembangan bisnis informatika
baik di Indonesia khususnya maupun di dunia sudah berkembang dengan sangat
pesat. Hampir semua bisnis baik dari perusahaan yang berskala besar maupun yang
berskala kecil menggunakan teknologi informasi untuk menjalankan bisnisnya.
Teknologi informasi telah banyak memberi kemudahan-kemudahan dalam proses
bisnis, seperti kemudahan mencari semua informasi yang dibutuhkan, hanya dengan
sekali klik saja kita sudah dapat menemukan informasi yang kita butuhkan.
Kemajuan bisnis informatika di Indonesia
ini ditunjang oleh pesatnya perkembangan teknologi saat ini dan juga banyaknya
pengguna teknologi itu sendiri, serta
tidak memerlukan modal yang banyak, lewat bantuan teknologi internet,
perusahaan dapat menjalankan bisnisnya secara E-commerce atau dengan software
house, karena cukup dengan membuat situs web yang mampu menarik perhatian,
sosialisasi yang baik, maka konsumen akan datang dan keuntungan akan didapat.
Para pebisnis sekarang juga dapat melakukan perdagangan selama 24 jam tanpa
mengenal batas ruang dan waktu serta terjangkau semua kalangan.
Selain mengefisiensikan waktu dan biaya,
kemajuan teknologi informasi ini juga mempermudah dalam pembuatan laporan
keuangan, menyimpan dokumen-dokumen perusahaan dalam database, mempermudah
komunikasi dengan menggunakan e-mail, video conference atau internet call jika
rekan bisnis berada di negara lain. Perusahaan juga dapat membuat CRM (customer
relationship management) yaitu data record setiap transaksi antara perusahaan
dan pelanggan.
Teknologi informasi sangat dibutuhkan dan
tidak dapat dipisahkan dari dunia bisnis, serta sudah menjadi bagian yang
sangat penting dalam mengelola dan meningkatkan pelayanan. Dan bisnis dalam
bidang informatika ini memiliki peluang yang cukup baik dan menjanjikan ke
depannya.
Perkembangan bisnis teknologi informatika
di Indonesia meningkat sangat pesat, hal ini dapat dilihat dari peningkatan
kebutuhan akan teknologi informatika yang sangat besar dari tahun ke tahun.
Bisnis informatika mempunyai potensi yang besar untuk kedepannya, karena itu
perlu didukung oleh sumber daya yang berkualitas serta perangkat teknologi yang
canggih baik itu perangkat keras atau perangkat lunaknya. Dengan kehadiran
teknologi informasi, maka dapat menjadi solusi dan membantu proses bisnis yang
ada serta dapat mengoptimalkan efisiensi
bisnis berbasis teknologi informasi
tersebut.
Jadi perkembangan dan kemajuan bisnis dunia
saat ini sudah sangat pesat sekali dan sangat menggiurkan, bisnis ini
berkembang setiap detiknya. Kemajuan dunia bisnis di bidang teknologi informasi
ini berkembang pesat karena adanya media informasi dan perangkat teknologi yang
semakin canggih. Salah satu media dalam bisnis di dunia informatika ini adalah
internet. Internet merupakan jaringan komputer yang berisi sumber informasi.
Banyak perusahaan yang memanfaatkan internet sebagai ladang bisnis, seperti
menjual jasa, menjual dan membeli produk serta memasarkan suatu produk.
Pertumbuhan bisnis online shop merupakan contoh yang nyata, begitu juga warnet
yang banyak dijumpai dimana saja. Di masa mendatang, teknologi informasi dan
telekomunikasi akan menjadi sektor yang paling dominan. Saat ini saja teknologi
informasi sudah banyak berperan dalam bidang pendidikan, pemerintahan dan
keuangan serta perbankan.
Ada 5 model bisnis teknologi informasi dan
komunikasi, diantaranya adalah :
Lisensi produk software (contohnya
perusahaan Andal Software, Dycode, Oracle)
Iklan (contohnya Detik.com, Google)
Software sebagai layanan (contonya Infisys
pushmail, Salesforce.com)
Penjualan perangkat keras (contohnya Zyrex,
Axioo, Apple)
Penjual jasa konsultasi, integrase,
training (contohnya Inixindo, Sigma, Redhat)
Salah satu contoh perusahaan yang bergerak
di bidang IT adalah Google Inc
Profil perusahaan Google Inc
Google Inc merupakan perusahaan
multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada bidang jasa dan produk
internet. Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Pada tanggal 4
September 1998 google menjadi perusahaan swasta, dengan misi mengumpulkan
informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat untuk semua orang.
Pada tahun 2006, kantor pusat google pindah ke Mountain View, California.
Produk dari google diantaranya adalah :
Periklanan, yang terdiri dari google
adsense dan google adwords
Aplikasi pencarian seperti google search,
google maps, google earth, google books dan google translate
Komunikasi yaitu Gmail, google drive,
google docs, dan google chrome
Telepon genggam yaitu android
Hiburan seperti google video
Tim Manajemen google, terdiri dari :
Larry Page yang merupakan CEO dan salah
satu pendiri google. Tugas Larry Page adalah bertanggung jawab atas operasi
keseharian google, dan memimpin pengembangan produk serta strategi teknologi
perusahaan.
Eric E.Schmidt adalah pimpinan eksekutif
yang bertanggung jawab atas masalah eksternal google, membangun kemitraan dan
hubungan bisnis yang lebih luas, merangkul pemerintah, dan kepemimpinan
pembelajaran teknologi, serta memberikan nasihat kepada CEO dan kepemimpinan
senior dalam hal bisnis dan kebijakan.
Sergey Brin adalah salah satu pendiri dan
presiden teknologi serta memimpin proyek-proyek khusus, juga berbagi tanggung
jawab atas operasi kesaharian perusahaan Bersama Larry Page dan Eric E.Schmidt.
David C.Drummond adalah wakil presiden
senior dan direktur bidang pengembangan korporat dan hokum. Memimpin tim global
google terkait hokum, kebijakan public, komunikasi, pengembangan atau
penggabungan perusahaan dan akuisisi, serta operasi kualitas produk, serta
menjabat sebagai kepala sayap investasi google.
Patrick Pichette adalah wakil presiden
senior dan direktur bidang keuangan. Wilayah bisnis perusahaan google adalah
seluruh dunia, sepanjang ada layanan internet maka kita bisa menikmati layanan
google. Pada tahun 2016, jumlah karyawan google telah mencapai 60.000 orang.
Google memiliki omzet yang terus meningkat setiap tahunnya, hal ini dapat
dilihat dari data yang didapat tentang pendapatan dan pajak google inc dari
bulan September tahun 2011 sampai September tahun 2016.
Omzet google 99% berasal dari iklan yang dipasang pada hasil pencarian
di internet, e-mail, peta online, sosial networking, produktivitas perkantoran,
dan layanan sharing video. Tiap tahun pendapatan google melalui iklan ini naik
tajam, sedangkan 1% pendapatan google diperoleh dari lisensi dan pendapatan
lainnya.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar