pages

Biografi Soekarno

HELLO!

SOEKARNO


MERDEKA! hey guys balik lagi di blog gue kali ini gue bakal bahas salah satu orang yang menginspirasi gue dari semangatnya beliau yaitu soekarno.
Soekarno ini adalah salah satu tokoh yg gue banggakan , ingin dengar kisahnya lebih lanjut ? oke langsung aja sob!







    Ir. Soekarno yang terkenal dengan julukan atau sebutan akrabnya Bung Karno, lahir pada tanggal 6 Juni 1901 di Surabaya Jawa Timur, dan meninggal di Jakarta pada 21 Juni 1970. Beliau adalah presiden pertama Indonesia yang menjabat pada periode 1945-1966. Ir.Soekarno adalah Proklamator Kemerdekaan Indonesia bersama dengan Mohammad Hatta yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945. Soekarno pertama kali yang mencetuskan konsep Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia, maka dari itu Ir.Soekarno sangatlah berperan penting dalam memerdekakan Indonesia ,





     Ir.Soekarno dilahirkan dengan nama Koesno Sosrodihardjo. Ayahnya bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo yang berprofesi sebagai guru di Surabaya. Ibunya bernama Ida Ayu Nyoman Rai berasal dari Bali. Pada masa kecilnya, Soekarno hanya sebentar untuk tinggal bersama orang tuanya di Blitar, hanya beberapa tahun merasakan kasih sayang orang tuanya. Semasa SD, beliau tinggal di Surabaya. Kemudian melanjutkan sekolah di Hoogere Burger School, saat belajar di HBS, Soekarno telah berkembang dengan jiwa nasionalismenya. Setelah lulus dari HBS, beliau pindah ke Bandung dan melanjutkan ke Technische Hoogeschool atau sekolah Teknik Tinggi, dan berhasil hingga sukses mendapat gelar “Ir” pada 25 mei 1926.


Beliau mendirikan PNI (Partai Nasional Indonesia) pada 4 Juli 1927. Akibatnya Belanda memasukannya ke penjara di Bandung pada tahun 1929 dan delapan bulan kedepan baru disidangkan, dalam pembelaannya beliau menunjukan kemurtadan Belanda. Lalu, pembelaan tersebut membuat PNI dibubarkan karena Belanda marah, PNI dibubarkan pada tahun 1930.






Presiden pertama kita ini juga menjalankan politik luar negeri dalam dunia Internasional dan bertemu dengan beberapa pemimpin negara. Setelah itu, masa jatuhnya Soekarno dimulai sejak ia pisah dengan Bung Hatta pada tahun 1956. Itu berakibat pada sejumlah pemberontakan yang terjadi di Indonesia.

Soekarno mendapat gelar Doktor Honoris Causa dari 26 universitas di dalam dan luar negeri. Dan juga mendapat penghargaan The Order of the Supreme Companions of OR Tambo yang diberikan Presiden Afrika Selatan dalam bentuk medali, pin tongkat dan lencana. Tak hanya itu, masih banyak lagi penghargaan yang belum kita ketahui detailnya.

Di beberapa negara barat, nama Soekarno kadang ditulis Achmed Soekarno. Itu terjadi karena saat Soekarno pertama kali menginjak dan mengunjungi Amerika Serikat, tidak sedikit wartawan-wartawan yang bertanya-tanya tentang nama kecil Soekarno. Karena orang di negara barat tidak mengetahui masyarakat Indonesia bahwa tidak memiliki nama keluarga. Maka Soekarno memberikan nam Achmed Soekarno untuk mereka.

Pada Agustus 1965 kesehatan Soekarno menurun, sebelumnya beliau mengidap gangguan ginjal. Tim dokter juga tak menyerah dan terus-menerus berusaha menyelamatkan Soekarno. Tetapi akhirnya memburuk dan Presiden Pertama Indonesia ini akhirnya meninggal pada 21 Juni 1970 di Wisma Yaso, Jakarta. Lalu jenazahnya dikebumikan di kota Blitar, Jawa Timur.

Nah, itu dia Semua Tentang Ir.Soekarno. Amat berperan besar kan untuk Indonesia , kita sebagai generasi muda harus selalu mengingat sejarah kalo kata bung karno "jas merah" , banyak bangert nih sekarang generasi kita generasi muda yang kalo udah denger kata sejarah bawaannya males banget , ada yang bilang katanya yang lalu biarlah berlalu lah apa lah , cmon man! jangan begitu kita emang harus terus melihat kedepan tetapi pelajaran dan pengalaman di masa lampau jangan kita lupakan






                              "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya"


SOEKARNO













http://www.biografi.id/2016/01/biografi-ir-soekarno-presiden-pertama.html

Caraka bayu wibawa

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar